Polewali Mandar – Warga di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), menggelar pesta buah durian. Sebanyak 1.500 biji durian disiapkan dalam tradisi tahunan tersebut sebagai wujud syukur atas hasil panen yang melimpah.

Pesta durian ini berlangsung di Desa Palatta, Kecamatan Tapango, Minggu (26/6). Warga yang hadir dapat menikmati buah durian sepuasnya dengan gratis, bahkan disiapkan sebagai oleh-oleh khusus kepada tamu undangan.

“Kita melihat bahwa kondisi masyarakat Palatta sekarang ada hasil, masyarakat berhasil baik dari sektor buah-buahan maupun dari pertanian sawah, maka masyarakat berkeinginan menggelar pesta buah sebagai wujud syukur,” kata Kepala Desa Palatta, Andi Harigun kepada wartawan di lokasi acara, Minggu (26/6/2022).

Harigun mengungkapkan, panitia kegiatan menyiapkan sedikitnya 1.500 buah durian. Buah ini diperoleh dari petani setempat, yang sengaja menyumbangkan sebagian hasil kebunnya untuk dinikmati bersama.

“Semua masyarakat membawa hasilnya (durian) untuk dimakan bersama di tempat ini. Saya siapkan sekira 1.500 biji untuk tamu dan undangan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Desa Palatta memang terkenal sebagai salah satu sentra penghasil buah durian lokal yang berkualitas. Selain rasanya manis dan legit, daging buah durian dari daerah ini juga lebih tebal.

Tidak mengherankan, ratusan warga yang menghadiri pesta buah ini rela berdesakan demi mendapatkan buah durian. Imbauan panitia kepada warga agar tertib menunggu giliran diberi buah durian, seolah angin lalu. Warga tetap berdesakan lantaran khawatir kehabisan durian.

“Mantap, jos, rasanya manis dan gurih. Memang sip, kecil bijinya tapi dagingnya tebal,” puji salah satu warga, Suroyo sembari menikmati buah durian.

Sumber : detik.com