Jakarta – Pandemi virus Corona membuat banyak pekerja di industri pariwisata dan ekonomi kreatif kehilangan mata pencaharian. Tahun ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ingin menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan terus meningkat 4 juta sampai 2024.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat mengunjungi Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta Barat, Minggu (26/6/2022).

“Harapannya industri pariwisata akan bangkit menciptakan lapangan kerja karena 2 tahun sangat berat, banyak masyarakat yang merasakan beban ekonomi semakin berat, oleh karena itu dari kegiatan ini kita berharap pandemi terus terkendali dan kita bisa membantu kebutuhan masyarakat. Saya mencanangkan penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini di sektor parekraf dan 2024, sampai 4 juta lapangan baru. Insyaallah,” ujarnya.

Desa wisata seperti Pecinan Glodok di Jakarta Barat diharapkan menjadi salah satu pendorong industri pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air, apalagi kata Sandiaga, desa wisata sudah menjadi lokomotif pengembangan pariwisata Indonesia yang tahun ini naik kelas dari urutan ke-44 menjadi ke-32 di dunia oleh World Economic Forum.

“Dampak ekonominya pariwisata menyumbangkan 4,3 persen dari PDB kita, ekonomi kreatif kita kita sudah 3 besar dunia, kita sudah mencapai 7,8 persen,” ujar Sandi yang juga menjadi chairman dari ASEAN Tourism Forum itu.

“Sidang umum PBB menyatakan pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan merupakan best practice. Kita sudah mengalahkan Thailand, Malaysia itu outputnya dan konkretnya bersama dengan pemerintah daerah dan komunitas sudah berhasil kita,” ujar Sandiaga.

Sumber : detik.com