Solo – Sawo raksasa atau Mamey sapote berasal dari Amerika Tengah. Menanam sawo raksasa yang berbuah tanpa kenal musim ini ibarat investasi anti rugi. Dari hasil panen satu pohon saja, petani di Magelang bisa beli motor Rp 12 juta. Sebelum ikut menanamnya, kenali dulu serba-serbi sawo raksasa berikut ini.

Sebiji Bisa 3 Kg
Sawo raksasa atau Mamey sapote (Pouteria sapota) adalah tanaman asli dari Kuba selatan, Kostarika, dan Meksiko, Amerika Tengah. Jika sudah matang, sebiji sawo raksasa beratnya bisa mencapai 1-3 kilogram.
“Bibitnya saya beli dari Demak, Jawa Tengah. Sekitar Rp 3 juta saat itu (2010),” kata Zaky Arista, warga Ponorogo Jawa Timur yang sukses mengembangkan sawo raksasa, dikutip dari detikNews pada Kamis (4/8/2022). Kalau sudah berbuah, Zaky mengatakan, tiap satu sawo raksasa itu punya satu biji di dalamnya. Biji tersebut bisa ditanam lagi atau dijual.

Panen Tak Kenal Musim
Menurut Zaky, pohon sawo raksasa tidak membutuhkan perawatan khusus. Menanam sawo raksasa sejak 2010, alumnus Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang itu mengaku sudah panen berkali-kali.

“Perawatannya tidak ada yang spesial, sama seperti tanaman pada umumnya, ada penyiraman dan pemupukan rutin,” tutur Zaky. Menurut dia, sawo raksasa berbuah tanpa mengenal musim. “Dari kecil sampai buah matang bisa memakan waktu 10 bulan. Satu pohon biasanya sampai 20 buah,” kata Zaky kepada detikNews.

Daging Tak Lengket
Zaky menambahkan, sawo raksasa rasanya manis seperti sawo pada umumnya. Selain dagingnya lebih tebal dan banyak, sawo raksasa ini tidak lengket seperti sawo biasa.
Namun, sebelum dimakan, sawo raksasa harus ditunggu sekitar dua hari setelah dipetik atau jatuh secara alami dari pohon. “Jadi nunggu benar-benar empuk agar bisa dimakan,” ujar Zaky.
Tips Menanam Sawo Raksasa
Zaky mengungkapkan, menanam sawo raksasa sama seperti tanaman buah pada umumnya. Meski demikian, Sarjana Pertanian Unibraw itu mengungkapkan sejumlah tips khusus. Berikut di antaranya.

  • Perlu penyiraman dan pemupukan rutin
  • Pupuk yang digunakan pun harus pupuk kandang
  • Pemberian pupuk kandang tiap tiga bulan sekali
  • Jika sudah muncul bakal buah, berikan pupuk dengan unsur K yang tinggi agar hasil buahnya bagus dan besar
  • Semakin besar tanamannya, kebutuhan pupuknya pun semakin banyak
  • Butuh setengah karung pupuk kandang saat pohon sawo raksasa tidak berbuah
  • Selain pupuk kandang, berikan pula sebotol pupuk buah (500 gram) ditambah air 10 liter kemudian dikocor untuk pemupukan.
  • Rawat secara rutin agar hasil buahnya bagus dan besar.
Kenali Karakter Sawo Raksasa
Meski memasuki musim penghujan, bakal buah sawo raksasa tidak semuanya rontok. Zaky menjelaskan, jika tiap satu cabangnya ada lima bakal buah, nantinya akan menyisakan dua buah utama. Buah itulah yang akan tumbuh besar hingga berbobot 1-3 kilogram.
Jika pohon itu sudah menghasilkan sawo raksasa, maka akan muncul bunga yang menandakan bakal berbuah lagi. “Meski di pohon sudah ada yang besar dan buahnya sudah memiliki berat 1 Kg, saat ini sudah ada bunga dan ada bakal buah lagi,” terang Zaky.

Seorang petani asal Kebonkliwon, Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Muh Khoirul Soleh, menanam mamey sapote atau dikenal dengan sawo raksasa. Belum lama ini, Khoirul berhasil mengeruk untung hingga Rp 12 juta dari 125 buah yang dipetiknya hanya dari satu pohon sawo saja.
Sawo jenis ini menghasilkan buah dengan ukuran tak lazim. Bahkan ada yang satu buah bisa mencapai berat 2 kilogram.
Jika sudah masak, daging buahnya berwarna kemerahan. Rasanya juga manis seperti perpaduan umbi, pepaya dan sawo. Buah yang besar ini tergolong unik dan termasuk tanaman eksotis.
Harga Sawo Raksasa Terbaru
Menurut M Khoirul Soleh, petani asal Kebonkliwon, Desa Kebonrejo, Salaman, Magelang, sawo raksasa per buah saat ini harganya Rp 100.000. Sedangkan harga per bibitnya Rp 1,5 juta. Pembeli sawo raksasa kebanyakan para pehobi yang menginginkan bijinya.
“Biasanya ada sesama pehobi yang beli buahnya untuk diambil bijinya. Sama-sama pehobi rata-rata dijual Rp 100 ribu per buah,” kata Khoirul kepada detikJateng, Rabu (3/8/2022). Belum lama ini, Khoirul memanen 102 sawo raksasa dari satu pohon.
“Pas kemarin anak kebetulan minta sepeda motor bisa bayar sepeda. Nggak usah ngerogoh kocek. Panen 125 (buah) dapat Rp 12 juta buat beli sepeda motor second,” ujarnya.
Sumber : detik.com